Minggu, 21 September 2014

Animasi Balok Jatuh 2D

Animasi Balok Jatuh 2D


Tujuan :

-          Mahasiswa mengetahui cara pembuatan animasi 2D balok jatuh
-          Mahasiswa mamahami dan mampu menerapkan pembuatan animasi balok

Peralatan :

-          Wacom Inthuos 3
-          Com puter / PC
-          Software pencil 2D

Dasar Teori :

Animasi balok jatuh ini tidak jauh berbeda dengan animasi bola yang sebelumnya hanya saja dalam animasi yang berbentuk balok benar – benar perhatikan timing dan konstannya bentuk balok itu agar terlihat tampak seperti batu bata yang jatuh sungguhan.
Berikut adalah acuan untuk membuat animasi tersebut:
 
 1. Timing and Spacing 
Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas. Sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
2. Arcs
Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
 


Langkah Percobaan :
  1. Buka aplikasi pencil 2D. klik pada bitmap  layer.
  2. Pada vector layer gambarkan balok besar sebagai alas tempat balok sebelum jatuh dan lintasan jatuh balok  yang sama seperti lintasan pada animasi bola berekor sebelumnya.
  3. Gambarkan balok dari satu frame ke frame yang lain dengan mengikuti pola lintasan ,untuk animasi  balok jatuh ini sebagai penanda adalah ujung yang mengisi titik – titik  bukan tengah balok.
  4. Coba dan mainkan
Selamat mencoba 
http://www.youtube.com/watch?v=mS0Qjhv5FvI&feature=youtu.be
Referensi:
http://uqiuqik.tumblr.com/post/98044288854/animasi-2d-practice-3-brick-falling-onto-the-ground

Tidak ada komentar:

Posting Komentar