Animasi Balok Jatuh 2D
Tujuan :
-
Mahasiswa mengetahui cara pembuatan animasi 2D balok jatuh
-
Mahasiswa
mamahami dan mampu menerapkan pembuatan animasi balok
Peralatan :
-
Wacom
Inthuos 3
-
Com puter
/ PC
-
Software
pencil 2D
Dasar Teori
:
Animasi balok
jatuh ini tidak jauh berbeda dengan animasi bola yang sebelumnya hanya saja
dalam animasi yang berbentuk balok benar – benar perhatikan timing dan konstannya
bentuk balok itu agar terlihat tampak seperti batu bata yang jatuh sungguhan.
Berikut adalah acuan untuk membuat animasi tersebut:
Berikut adalah acuan untuk membuat animasi tersebut:
1. Timing and Spacing
Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan
oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil
meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang
menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang
pas. Sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah
benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau
diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
2. Arcs
Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
Langkah Percobaan
:
- Buka aplikasi pencil 2D. klik pada bitmap layer.
- Pada vector layer gambarkan balok besar sebagai alas tempat balok sebelum jatuh dan lintasan jatuh balok yang sama seperti lintasan pada animasi bola berekor sebelumnya.
- Gambarkan balok dari satu frame ke frame yang lain dengan mengikuti pola lintasan ,untuk animasi balok jatuh ini sebagai penanda adalah ujung yang mengisi titik – titik bukan tengah balok.
- Coba dan mainkan
http://www.youtube.com/watch?v=mS0Qjhv5FvI&feature=youtu.be
http://uqiuqik.tumblr.com/post/98044288854/animasi-2d-practice-3-brick-falling-onto-the-ground
Tidak ada komentar:
Posting Komentar